Halaman

Pengertian LAN (Local Area Network)

LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang mencakup daerah kecil seperti rumah, perkantoran dan sekolah. Lan didasarkan pada teknologi Ethernet dan Wi-Fi dari 10 sampai 10.000 Mbit/s karena biasanya komputer yang akan disambungkan untuk membuat sebuah LAN dilengkapi dengan Ethernet card atau wireless card. Ada beberapa komputer tertentu yang telah dilengkapi dengan perangkat itu misalnya laptop, sehingga tidak diperlukan penambahan card baru lagi untuk disambung dengan komputer yang lain.
  • LAN (Local Area Network) dibangun untuk memenuhi kebutuhan sebagai berikut :
  • Beroperasi dalam daerah geografis yang terbatas/lingkup kecil (beberapa kilometer)
  • Memberi akses ke pengguna dengan bandwith yang tinggi.
  • Menyajikan konektivitas full-time untuk servis-servis lokal
  • Melakukan koneksi secara fisik anatar device yang berdekatan.
  • Menyajikan kendali kontrol secara otomatis di bawah kendali administrasi lokal.


LAN satu dengan LAN yang lain biasanya dihubungkan dengan sebuah router (bisa berupa alat atau sebuah komputer) dan akan membentuk sebuah WAN. Sedangkan koneksi yang lebih besar disebut dengan internet.

Umumnya LAN dibangun dengan peralatan yang relatif murah. Mungkin kita hanya membutuhkan sebuah Network Interface Card (NIC) atau biasa disebut dengan LAN card, sebuah hub dan sebuah kabel jaringan.
Sistem Operasi yang biasa digunakan juga bisa beragam seperti Windows, Linux, FreeBSD, BSD dan lainnya.

Untuk kebutuhan yang semakin kompleks, seperti untuk keperluan mailing, ftp atau website, pada LAN dibutuhkan beberapa mesin server seperti mail server, ftp server, web server dan gateway/proxy server. Server-server ini dapat kita bangun dalam satu komputer saja namun disarankan agar menggunakan lebih dari satu komputer karena dapat terjadi overload sehingga kualitas jaringan tidak bisa diandalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar