Halaman

Contoh Rencana Bisnis Sederhana

I. RINGKASAN EKSEKUTIF

Butik Shopaholic adalah Butik dimana menjual peralatan wanita yang dimulai dari baju, sepatu, tas dan aksesoris wanita lainnya. Butik Shopaholic menjual barang yang dibuat atau di design sendiri dan oleh remaja wanita Indonesia dengan bahan-bahan asli dari Indonesia dan model yang sesuai dengan budaya Indonesia sendiri

Butik Shopaholic ini akan dibuat dengan menyewa salah satu tempat di Mall Jakarta yang sering dikunjungi oleh remaja-remaja dari Jakarta maupun Jabodetabek, karena sasaran pasarnya pun adalah remaja wanita.

Butik Shopaholic sesuai dengan namanya yaitu "Shopaholic" merupakan butik yang sangat cocok untuk remaja yang sangat gila terhadap belanja dan sangat menyukai fashion.

Elemen-elemen utama yang ditawarkan membedakan antara Butik-butik lain yang telah ada pada umumnya yaitu :
§ Produk yang sesuai dengan kebudayaan bangsa kita Indonesia yang tidak kebarat-baratan.
§ Lebih menawarkan barang-barang yang ngusung tema dari daerah yang terdapat di Indonesia.
§ Metode pemasaran yang menarik
§ Lokasi yang sangat strategia
§ Harga barang terjangkau namun tidak menurunkan kualitas.
Tahap awal dari rencana bisnis butik ini dengan membuka tempat butik disalah satu Mall di Jakarta seluas 4×5 m2

II BISNIS
a. Konsep Bisnis
Butik Shopaholic ini adalah butik baru yang didasarkan kepada model-model baju,tas, sepatu dan aksesoris wanita lainnya denga model ala Indonesia dengan beragam ragam suku dan budaya yang indoseia miliki yang tidak kalah indah dan keren bila dibandingkan dengan model-model dari luar negeri yang sering kita ikuti modenya.
Butik Shopaholic ini yang akan pertama kali dibula disebuah Mall di Jakarta dengan menyewa tempat sekitar 4x5m2 .
Berikut adalah 5 Elemen utama yang ditawarkan oleh Butik Shopaholic yang membedakan dengan butik-butik lain pada umumnya :
§ Produk yang sesuai dengan kebudayaan bangsa kita Indonesia yang tidak kebarat-baratan.
Shopaholic ini dididrikan dengan mengusung tema dan desaign yang sesuai dengan kebudayaan bangsa kita Indonesia agar kita lebih mencintai produk dalam negeri yang dibuat dan di design khusus oleh remaja Indonesia yang bakatnya tidak kalah dengan fashion design dari luar negeri.
§ Lebih menawarkan barang-barang yang ngusung tema dari daerah yang terdapat di Indonesia.
Tujuan dibuatnya Butik Shopaholic ini adalah agar remaja-remaja Indonesia lebih menghargai dan mencintai produk-produk dalam negeri yang tidak kalah daya jualnya denga produk luar negeri.
§ Metode pemasaran yang menarik
Metode pemasaran yang menarik disini adalah Butik Shopaholic akan masuk ke sekolah-sekolah SMP dan SMA dengan menawarkan brosur pada mereka dengan memberikan mereka aksesoris yang kita jual secara gratis sebagai promosi agar mereka ingin mencoba mendatangi tempat kita dan meliahat barang-barang apa saja yang dijual di Butik Shopaholic ini.
§ Lokasi yang sangat strategis
Lokasi Butik Shopaholic ini sangat begitu strategis karena berada di pusat perbelanjaaan yang sering dikunjungi oleh warga Jakarta dan jabodetabek. Dan Mall ini sudah cukup terkenal sehingga banyak irang yang sudah mengetahui Mall ini karena banyak sekali butik-butik untuk kalangan remaja yang berda di Mall ini.
§ Harga barang terjangkau namun tidak menurunkan kualitas.
Butik Shopaholic ini menawarkan barang-barang yang berkualitas dan tidak akan sama dengan barang-barang yang ada dibutik-butik lain yang sudah ada karena didesaign sendiri oleh pemilik butiknya dengan kreatifitas yang sangat tinggi sehingga barang-barangnya tidak pasaran tetapi dengan harga yang cukup terjangkau bagi kalangan remaja.

b. Produk yang ditawarkan
Meskipun barang utama yang ditawarkan adalah pakaian, tetapi Butik Shopaholic menawarkan barang-barang lain yang biasa dipakai oleh remaja wanita sehari-hari.
§ Model Pakaian
Butik Shopaholic menawarkan model pakaian yang tidak banyak dipasaran dan begitu unik tetapi mahal fashionable dan keren meskipun dengan setiap barang yang dijual selalu diselipkan budaya Indonesia seperti adat-adat bali, toraja, jawa, sunda dan lain-lain.
§ Aksesoris
Disini pula Butik Shopaholic menawarkan berbagai macam sepatu, tas dan aksesoris yang unik seperti kalung batu dari kalimanatan dan kalung berbentuk dan berwana bulu-bulu seperti warna burung cendrawasih. Pelanggan pun dapat membuat design sendiri yang mereka inginkan dan mereka sebisa mungkin kami akan membuat yang seperti mereka inginnkan.
c. Harga
Harga yang ditawarkan oleh Butik Shopaholic tidak terlalu jauh berbeda dengan butik-butik lainnya yang cukup terjangkau oleh kalangan remaja.
Berikut Daftar Harga Kisaran :
1. Baju Kaos Rp. 95.0000 – Rp. 150.000
2. Baju Blous Rp. 150.000 – Rp. 200.000
3. Celana Panjang Rp. 100.000 – Rp. 150.000
4. Celana Pendek Rp. 75.0000 – Rp. 100.000
5. Sepatu Rp. 120.000 – Rp. 200.000
6. Tas Rp. 150.000 – Rp. 200.000
7. Aksesoris
(gelang,kalung,cincing,anting dll ) Rp. 25.000 – Rp. 75.000
Harga yang ditawarkan relative bersaing dibandingakan dengan pesaing.
d. Persediaan Barang dan Pemasaran
• Strategi pemasaran perusahaan menciptakan tingkat kesadaran merak, mendorong terjadinya pembelian melalui berbagai materi promodi dan edokasi produk yang ditawarkan perusahaan.
• Implementasi stategi ini meliputi hal-hal berikut ;
1. Memberikan kesan unik agar berbeda dengan yang lain.
2. Penawaran diskon apabila membeli barang lebih dari 1.
3. Materi-materi edukasi ( sepertti poster dan selembaran ) yang berkaitan dengan barang yang akan dijual. Dan berbagai macam model baru yang remaja-meja saat ini gandrungi.
4. Layanan yang proaktif
5. Memberikan jasa layanan online, agar membeli tidak dengan susah paying dating ke tempat kita untuk membeli barang yang diinginkan tetapi hanya dengan akses internet dapat memperoleh barang yang diingankan.
6. Memberikan jasa gratis ongkos kirim untuk wilayah jabodetabek untuk pembelian online.
e. Layanan Pelanggan
• Layanan yang diberikan oleh Butik Shophaholic sangatlah cepat, ramah dan tepat agar pelanggan dapat merasa nyaman apabila berbelanja pada butik ini. Pelayan yang sangat bersahabat.
• Karyawan pun diberikan seragam yang dibuat khusus oleh butik Shopaholic sehingga terlihat lebih menarik.
f. Design Tempat
• Butik Shopaholic ini seperti tujuannya yaitu agar anak muda Indonesia lebih mencintai bangsa sendiri, maka butik shopaholic di design dengan aksen-aksen lukisan budaya Indonesia tetapi tidak kalah modern dengan aksen minimalis dengan nuansa warna pink yang elegan.
g. Lokasi dan pilihan wilayah
• Pilihan dan lokasi butik shopaholic ini adalah dengan kriteria Mall dengan lalu lintas pengunjung yang tinggi, mudah, dijangkau, dan terlihat dari jarak jauh.
• Pilihan mall ini adalah mall yang terkemuka dan sangat sering dikunjungi oleh anak muda Jakarta dan sekitarnya dan merupakan mall favorit mereka untuk berbelanja.
Ada beberapa aspek yang bisa di jalankan dalam membuka usaha Butik ini diantaranya :

A. Aspek Manajemen
Bisnis ini dimiliki bersama dengan sistem bagi modal. Bisnis ini dikelola secara bersama- sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing misalkan dari 5 orang 3 orang bertugas berbelanja bahan pakaian, yang bertugas mendesign bajunya dan yang menjahit bajunya.

B. Aspek Pemasaran

a. Target Pasar Yang merupakan kunci penting untuk diperhatikan. Sudah menjadi kelaziman bahwa usaha Butik Shopaholic bekerja berdasarkan trand yg sedang mendunia, kegiatan produksi dimulai apabila barang telah diterima, maka kegiatan produksi perusahaan tidak akan bekerja. Yang bekerja sepanjang tahun atau selama bisnis itu hidup adalah pemasaran keuangan dan administrasi. Target pasarnya adalah remaja-remaja antara usia 15 sampai dengan 25.
b. Konsep Pemasaran terdiri dari 4 elemen (Price+Place+Promotion). UNTUK PRODUK, Anda mesti mensuvei para pesaing-pesaing Anda. Misalnya saja, menentukan apa, 10 pakaian terpopuler saat ini. Nah, khusus, ke 10 menu itu, maka mutlak menguasainya. Langkah berikutnya, bertanya kepada diri kita sendiri untuk maju selangkah lebih maju. Misalnya, dengan melakukan inovasi. Mampukah kita menciptakan hal-hal yang baru dengan 10 populer itu tetapi dengan tetap mengusung tema tetap tidak mengesampingakan budaya Indonesia.
c. Produk dan penetapan Harga Untuk menetapkan harga kita perlu melakukan riset dan membandingkannya dengan strategi harga Anda. Tidak jarang harga kita terlalu mahal karena sistem produksi yang salah dan tidak efektif. Anda perlu misalnya mencari suplier yang mampu mensuplai bahan baku dengan harga yang benar-benar murah, sehingga bisa menghasilkan pakaian murah anamun berkualitas.
III. PASAR
• Segmentasi Pasar
Butik Shopaholic ini bersegmen
Ciri-ciri : Wanita Usia antara 15 – 25 tahun yang sangat menyukai fashion dan memakai pakaian tidak hanya memakainya tetapi menyesuaikan dengan kepribadiannya.
• Positioning
Agar dapat menarik perhatian calon pelanggan, Butik Shopaholic merancang sebuah strategi positioning
Beberapa positioning statement yang bisa digunakan, misalnya :
" Butik elegan nan trendi tetapi sangat mengIndonesia"
" I love Indonesia, Shopaholic Indonesia"
IV. PELANGGAN
• Pasar sasaran Butik Shopaholic adalah anak sekolah dimulai dari anak sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan mahasiswa.
• Perusahaan berharap tingkat pembelian ulang konsumen cukup tinggi. Selain itu juga diharapkan sekitar 75% pesananan melalui media Online.
V. PERSAINGAN
• Persaingan terutama berkaitan dengan kualitas produk, layanan, pengenalan akan merek dan lokasi butik.
• Butik Shopaholic akan bersaing langsung dengan sesame butik lainnya ( Lolipoli, Mr Fredi, N.Y.L.A, (X)SML dan yang lainnya.

VI. MANAJEMEN
Struktur manajemen akan berkaitan dengan aspek-aspek:
• Profesionalisme
• Keahlian dalam keuangan, manajemen, dan aspek hukum
• Atribut-atribut pribadi, seperti daya inisiatif, ambisi dan determinasi serta intergritas.

VII. PROYEKSI KEUANGAN

1. Kas Rp 50.000.000,00
2. Baya sewa gerai Rp. 10.000.000,00
3. Rancangan interior Rp. 5.000.000,00
2. Perlengkapan Rp 10.000.000,00
3. Peralatan Rp. 5.000.000,00

2 komentar:

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE

    BalasHapus