Halaman

Dampak Positif Jaringan Komputer


Salah satu dampak positif jaringan komputer adalah adanya koneksi internet yang makin meluas. Keuntungan lainnya adalah sebagai berikut :

1. Berbagi sumber daya, sehingga menghapuskan masalah jarak. Misalnya seorang pegawai kantor cabang yang berada pada jarak 100 km dari kantor pusat, ia tetap bisa mengambil atau memodifikasi data di kantor pusat tanpa harus pergi ke sana.

2. Ketahanan data tinggi, sehingga setelah data disalin ke komputer lain pada jarak ribuan kilometer, resiko rusak/hilangnya data di komputer sumber masih dapat diatasi.

3. Menghemat uang. Mikrokomputer semacam PC atau Apple memiliki ukuran yang kecil dan berharga lebih murah dibandingkan komputer lebih besar, seperti mainframe atau superkomputer. Tetapi, mainframe mempunyai kecepatan sepuluh kali lipat dibandingkan mikrokomputer. Untuk itu, dibangunlah sistem komputer yang teridiri dari mikrokomputer-mikrokomputer yang mempunyai kecepatan menyamai mainframe.

4. Berbagi hardware. Andaikan di sebuah perusahaan hanya terdapat sebuah printer laser. Maka dengan jaringan, seluruh komputer pegawai yang terhubung ke jaringan kantor tetap bisa menggunakan printer tersebut.

5. Keamanan dan keteraturan data. Dengan jaringan komputer, seorang administrator jaringan dapat mengorganisasi data-data penting di kampus atau kantor. Misalnya, data-data penting yang tercecer dan terpisah di setiap departemen dapat disimpan menjadi satu kesatuan data dalam sebuah server back end untuk kemudian direplikasi menjadi beberapa bagian sesuai kebijakan perusahaan. Administrator jaringan pun dapat menentukan dan mengubah orang-orang yang berhak mengakses data-data tersebut.

6. Kestabilan dan peningkatan performa komputasi, kinerja aplikasi dapat ditingkatkan dengan cara pembagian tugas komputasi yang disebar pada beberapa komputer di jaringan.

2 komentar:

  1. Terimakasih untuk informasinya, banyak sekali manfaat yang saya peroleh dari artikel ini. Saya sudah banyak belajar dan mengikuti banyak seminar dari Pembicara Internet Marketing Yogyakarta . Dengan artikel ini, saya semakin paham dan bisa mengupdate ilmu yang sudah saya peroleh.

    BalasHapus
  2. Terima kasih Kak, Artikelnya sangat bermanfaat sekali
    ..^_^..

    Pesantren Tahfidh Qur'an
    www.nuranitahfidh.com

    Haji dan Umrah Tour & Travel
    www.nuranitravel.com

    BalasHapus