12 Dewa-Dewi Yunani Kuno

Zeus
Zeus adalah raja bagi seluruh dewa-dewi di Olympus. Zeus menikah dengan saudari perempuannya yang bernama Hera. Dalam Mitologinya, Zeus digambarkan memiliki sebuah senjata yang mahadasyat berupa petir.
Zeus membagi alam ini menjadi 3 bagian, yaitu lautan/bumi yang dikuasai oleh Poseidon dan underworld(tempat perginya para roh) yang dikuasai oleh Hades. Sedangkan Zeus sendiri menguasai langit.

Hera
Hera adalah dewi pernikahan, ia menikah dengan Zeus. Ia sering digambarkan memakai mahkota tinggi yang polos yang hanya dikenakan oleh dewi-dewi besar.

Hestia
Hestia terkenal sebagai dewi perapian atau dewi pelindung keluarga. Pada awalnya Hestia tercatat sebagai 12 Dewa-Dewi Olympus, namun ia menyerahkan posisinya kepada Dionisus. Sedangkan ia sendiri pergi ke gunung Olympus untuk menjaga api suci.

Ares
Ares adalah dewa perang. Ia tidak disukai oleh kedua orang tuanya yaitu, Zeus dan Hera karena dianggap selalu haus darah dan merupakan pembunuh berdarah dingin.
Kehadirannya dalam peperangan yang melibatkan Yunani, membuat musuh gemetar di atas lutut mereka sendiri. Dalam beberapa epik diceritakan bahwa ia akan membunuh semua musuh tanpa ampun jika berani terlibat dalam peperangan terhadap Yunani.
Dewa Ares sering membuat medan peperangan menjadi lautan darah sambil terus memburu para musuh tanpa ampun.
Ares ternyata juga terkenal sebagai dewa pengecut karena ketika dia terluka, dia akan lari dari medan perang untuk kembali ke gunung Olympus, tangisannya kemudian akan terdengar ke seluruh penjuru gunung Olympus.
Lalu bagaimana dengan Kratos, yang dalam dalam game God of War digambarkan sebagai sang dewa perang?
Jadi begini kisahnya, pada suatu waktu, ketika Ares baru pulang dari suatu pertempuran di medan perang dan sedang beristirahat, Hera mengijinkan Kratos untuk membunuh Ares dan sekaligus menggantikannya sebagai dewa perang.
Kratos pada awalnya hanyalah manusia biasa yang dikaruniai dewa Apollo kekuatan dan kegagahan yang melebihi manusia lainnya.

Poseidon
Poseidon adalah dewa lautan, Ia digambarkan sebagai seorang yang temperamental dan bersenjatakan trisula. Menurut mitologi yunani kuno, Poseidon adalah dewa yang terkuat di antara saudara-saudaranya sehingga Zeus mempercayakan bagian paling luas dari Bumi untuk Diatur oleh Poseidon.Poseidon menikahi Amphitrite yang merupakan cucu dari Titan Oceanus.

Artemis
Artemis adalah dewi berburu,Ia merupakan dewi suci bagi para pemburu dan pelindung kaum muda. Artemis terpaksa harus dilahirkan di suatu pulau yang tidak pernah tersentuh oleh matahari karena kutukan Hera yang mengetahui bahwa Artemis adalah hasil hubungan Zeus dengan Leto.
Artemis lahir pertama pada bulan keenam. Ia lalu membantu ibunya melahirkan Apollo yang lahir pada bulan ketujuh, mungkin oleh sebab itulah ia juga disebut sebagai dewi kelahiran.

Apollo
Dia adalah dewa penyembuh yang mengajarkan obat-obatan pada manusia, Dewa cahaya dan juga Dewa kebenaran. Apollo adalah anak hasil hubungan Zeus dan Leto yang merupakan saudara kembar dari Artemis. Apollo juga merupakan Dewa musik yang selalu memainkan kecapi emas dan merupakan seorang dewa pemanah yang memanah dengan busur peraknya.

Athena
Athena adalah seorang dewi perang bersenjata dan tak pernah digambarkan sebagai anak kecil, selalu sebagai seorang dara (perawan / parthenos). Kuil Parthenon di kota Athena, Yunani adalah kuilnya yang paling terkenal.
Ia tidak memiliki suami atau kekasih, meski sekali peristiwa Hephaestus pernah mencoba menggodanya namun gagal. Athena juga merupakan adik dari Ares sang dewa perang.
Athena juga terkenal akan belas kasihannya pada manusia saat para dewa yang sewenang-wenang berkuasa. Dia pernah membunuh Medusa dan meletakkan kepalanya pada sebuah perisai yang dinamakan “Perisai Aegis”, sebuah perisai yang menurut mitos sangat kuat.
Dalam beberapa epik mitologi Yunani kuno, konon Athena sangat ganas dan berani di medan pertempuran. Semua yang ada pada Athena membuat Zeus jatuh hati dan menjadikan Athena sebagai anak kesayangannya.
Athena yang dialih-aksarakan sebagai Athene, adalah seorang Dewi Yunani yang melambangkan kebijaksanaan, ilmu pengetahuan dan strategi perang. Athena juga dikenal sebagai dewi yang mengajari para pahlawan.

Aphrodite
Aphrodite adalah dewi cinta, keindahan dan keinginan. Konon dia memiliki sabuk ajaib yang bisa membuat siapa saja yang diinginkannya menjadi menginginkan dia.
Kisah kelahiran Aphrodite ada dua versi cerita yang berbeda. Versi pertama mengatakan bahwa ia adalah anak hasil dari hubungan Zeus dan Dione. Versi kedua merujuk kepada kisah ketika Cronos mengalahkan Oranos dan melemparkannya ke lautan, Aphrodite kemudian muncul dari buih busa yang timbul dalam kerang.
Aphrodite mempunyai Hefestus sebagai suaminya. Ia juga mempunyai seorang anak bernama Eros yang menjadi dewa asmara. Aphrodite konon pernah selingkuh dengan Ares.

Hermes
Hermes adalah putra hasil dari hubungan Zeus dan Maia. Hermes merupakan dewa tercepat di antara dewa Yunani lainnya, oleh sebab itulah ia sering diutus oleh Zeus. Dia digambarkan memakai sepatu bersayap, topi bersayap dan tongkat ajaib. Dia juga merupakanpenuntun para arwah orang mati ke dunia bawah.Hephaestus

Hephaestus
Hephaestus merupakan satu-satunya dewa yang tidak memiliki paras tampan seperti dewa-dewa lainnya. Hephaestus adalah anak dari Zeus dan Hera. Dia adalah satu-satunya dewa yang lumpuh. Ada dua versi cerita yang beredar yang menjelaskan mengenai kelumpuhannya ini.
Menurut versi pertama, Hera kesal dengan wujud anaknya yang aneh, ia kemudian melemparkan Hephaestus ke bumi hingga membuat sang dewa lumpuh. Versi yang kedua mengatakan jika Zeus kesal dengan Hephaestus yang memiliki sifat seperti ibunya sehingga Zeus melemparkannya dari gunung Olympus.
Apapun kekurangan yang ada dalam dirinya, ditutupi Hephaestus dengan kekuatan yang luar biasa. Dan meski ia cacat, atau mungkin justru karena itu ia ahli menciptakan objek-objek yang sangat indah.
Dari bengkel kerjanya jauh di dalam bumi, penguasa api dan tempaan ini menciptakan istana, makam dan baju dewa-dewi, seperti: halilintar Zeus dan baju baja Athena. Dia adalah dewa tukang besi dan pembuat perisai para dewa.

Hades
Hades adalah dewa kematian atau dewa neraka dalam Mitologi Yunani. Hades juga dikenal dengan nama Pluto (Plouton) dalam Mitologi Romawi. Karakter Hades sering digambarkan bersama anjing berkepala tiga bernama Cerberus di dunia bawah tanah (neraka).
Di dalam ke-kristenan kata Hades dipakai untuk menterjemahkan kata Sheol, dalam bahasa Ibrani, yang artinya alam kubur manusia atau “dunia di bawah”. Bahasa Indonesia menerjemahkan kata Hades yang berarti alam kubur tersebut dengan kata neraka, diambil dari bahasa Sanskerta, dengan arti yang sama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar