Halaman

Avian Colibacillosis (Escherichia Coli Infection)

Penyebab
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Escherichia Coli. Penyakit ini menyerang ayam pada segala umur, bisa secara tunggal atau sebagai penyakit ikutan. Infeksi penyakit ini sering terjadi pada ayam muda yang berumur di bawah tiga minggu.

Gejala

1. Ayam yang terserang penyakit ini sering mengalami sakit parah (outbreaks), terutama di farm yang standar sanitasinya sangat rendah.

2. Infeksi ini meliputi penyakit hjarre's, coligranuloma, peritonitis, salpingitis, synovitis, omphalitis, dan airsacculitis. Penyakit ini bisa didiagnosis dengan menggunakan tes biologi di laboratorium untuk menguji keberadaan bakteri di dalam kantong kuning telur (yolk sac).

Penyebaran

Penyebaran penyakit ini bisa melalui kotoran, udara, debu, air, dan lingkungan yang telah terkontaminasi Escherichia Coli. Escherichia Coli juga dapat ditemukan pada telur yang induknya normal. Hal ini terjadi karena ovarian telah terkontaminasi Escherichia Coli dan oviduk terinfeksi, sehingga kerabang telur terkontaminasi dengan cara penetrasi.

Pencegahan

1. Pencegahan harus dilakukan mulai dari pembibitan. Caranya, lakukan fumigasi di farm pembibitan selama masa penyimpanan. Tujuannya untuk mengurangi telur tetas yang terkontaminasi Escherichia Coli. Prosedur sanitasi dan fumigasi di hatchery harus dijalankan dengan baik.

2. Tingkatkan program sanitasi, hinari penyebab ayam stress, serta mengontrol debu. Pakan, air minum dan litter harus bebas dari kontaminasi Escherichia Coli.

Pengobatan

1.Berikan antibiotik dan obat-obatan, seperti furazolidone, tetracycline, neomycin, dan obat-obatan sulfa.

2. Pengobatan akan efektif jika diberikan ketika ayam mulai terinfeksi dengan dosis dan lama pengobatan disesuaikan rekomendasi produsen obat.

1 komentar:

  1. link alternatif sbobet terbaru 2020

    Ayo Segera Daftar Akun Bermain Anda..Gratiss..

    Klik >>>>>>> Daftar SBO

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    BalasHapus