Halaman

Analisis Dampak Adanya Perbankan di Kabupaten Garut



Nama               :           Hendri Cahyadi
NPM               :           12.110.0038
Mata Kuliah    :           Manajemen Perbankan
Nama Dosen   :           H. Dede Supian,SE




Bank merupakan suatu lembaga yang lahir karena fungsinya untuk melayani segala kebutuhan keuangan dari dan untuk masyarakat. Bank juga merupakan lembaga perantara yang dapat mendorong kemajuan pembangunan melalui fasilitas kredit dan kemudahan-kemudahan pembayaran dan penarikan dalam proses transaksi yang dilakukan oleh para pelaku ekonomi. Di Indonesia, pengemban tertinggi atas dua fungsi di atas terletak pada Bank Indonesia selaku Bank Sentral dan bank-bank umum.

Kebutuhan akan transaksi ekonomi pada masa sekarang ini cukup tinggi. Salah satu penyedia layanan jasa transaksi ekonomi adalah bank. Kehadiran bank-bank umum di Kabupaten Garut turut membantu perekonomian Kabupaten Garut. Banyak keuntungan positif yang dapat diambil dengan semakin banyaknya bank-bank umum yang beroperasi di Kabupaten Garut.

Seiring dengan kebutuhan pelayanan transaksi ekonomi bagi masyarakat, industri perbankan telah mengalami perubahan besar. Industri ini menjadi lebih kompetitif. Saat ini, bank memiliki fleksibilitas pada layanan yang mereka tawarkan, lokasi tempat mereka beroperasi, dan tarif yang mereka bayar untuk simpanan. Hal ini mengakibatkan semakin bervariasinya produk-produk bank.

Dengan adanya bank, pengiriman uang antar kota, bahkan antar pulau di Indonesia dapat dilakukan dalam hitungan menit. Masyarakat Garut dapat dengan mudah mengirimkan uang kepada sanak saudaranya di luar kota atau di luar pulau dengan singkat. Proses yang sebelumnya memakan waktu berhari-hari kini dapat dilakukan dalam hitungan menit saja.

Dengan makin banyaknya bank yang beroperasi di Kabupaten Garut, makin menambah kemudahan transaksi keuangan. Kini dengan adanya sistem debit, masyarakat yang akan berbelanja tidak perlu lagi membawa uang tunai. Selain masalah keamanan, solusi debit card yang ditawarkan bank-bank umum yang telah bertebaran di Kabupaten Garut menambah kepraktisan transaksi keuangan.

Banyak ATM (Automatic Teller Machine) yang didirikan di pusat-pusat perbelanjaan untuk memudahkan transaksi keuangan yang dilakukan. Jika pusat perbelanjaan yang bersangkutan tidak menyediakan sistem debit, masyarakat di Kabupaten Garut dapat dengan mudah mencari ATM (Automatic Teller Machine) di pusat perbelanjaan tersebut, karena bank-bank umum mendirikan ATM (Automatic Teller Machine) di pusat-pusat keramaian di Kabupaten Garut. Tempat-tempat perbelanjaan seperti Garut Plaza, Intan Business Centre atau pusat keramaian seperti RSU dr.Slamet dan RSU Guntur telah difasilitasi dengan ATM dari berbagai bank yang ada di Garut.

Selain karena kepraktisan dalam transaksi keuangan, bank juga turut berperan dalam pembangunan ekonomi masyarakat di Kabupaten Garut. Kredit usaha mikro yang ditawarkan oleh bank telah turut membesarkan para pengusaha-pengusaha mikro yang berkecimpung dalam berbagai bidang. Dengan sistem pencicilan, para pengusaha mikro dapat meminjam modal usaha dari bank.

Masyarakat juga dapat mengontrol keuangannya lewat bank. Bagi masyarakat Garut, bank dapat pula menjadi tempat menyimpan surat-surat berharga, perhiasan atau barang bernilai lainnya melalui safe deposit box yang ditawarkan oleh bank. Dengan adanya safe deposit box, kini masyarakat Garut tidak usah lagi menghawatirkan hilangnya surat-surat berharga, perhiasan atau barang-barang bernilai lainnya karena banjir, kebakaran atau bencana alam lainnya karena safe deposit box menyimpan barang-barang berharga milik nasabah di dalam sebuah kotak yang tahan api dan aman.

Kesimpulannya dampak adanya perbankan di Kabupaten Garut turut membantu perekonomian masyarakat di Kabupaten Garut di berbagai bidang. Selain dengan mudahnya transaksi keuangan yang dapat dilakukan masyarakat, bank juga turut membantu perekonomian masyarakat di Kabupaten Garut dengan semakin melebarnya lapangan kerja dan proses kredit untuk membantu usaha kecil menengah yang ada di Kabupaten Garut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar