Halaman

Pengertian Misi Dalam Ilmu Ekonomi

Misi organisasi adalah tujuan atau alasan mengapa organisasi hidup. Pernyataan misi yang disusun dengan baik mendefinisikan tujuan mendasar dan unik yang membedakan suatu perusahaan dengan perusahaan lain, dan mengidentifikasi jangkauan operasi perusahaan dalam produk yang ditawarkan dan pasar yang dilayani. Misi mengembangkan harapan pada karyawan dan mengkomunikasikan pandangan umum untuk kelompok pemegang saham utama dalam lingkungan kerja perusahaan. Misi memberitahukan siapa kita dan apa yang kita lakukan. Penelitian terhadap perusahaan-perusahaan besar eropa dan amerika utara mengungkapkan bahwa sekitar 60 sampai 75 persen dari mereka memiliki pernyataan misi formal secara tertulis. Persentase sisanya memiliki misi informal secara tidak tertulis.

Misi dapat ditetapkan secara sempit atau secara luas. Sebagai contoh, misi yang ditetapkan secara sempit untuk asosiasi penyimpanan dan peminjaman atau komunitas bank adalah meminjamkan uang untuk orang-orang dalam komunitas lokal. Tipe pernyataan misi sempit menegaskan secara jelas bisnis utama organisasi, misi ini juga secara jelas membatasi jangkauan aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan produk atau jasa yang ditawarkan, teknologi yang digunakan, dan pasar yang dilayani. Misi sempit juga membatasi kesempatan-kesempatan untuk tumbuh. Sebaliknya, misi luas melebarkan jangkauan aktivitas organisasi untuk memasukan banyak tipe produk atau jasa, pasar dan teknologi. Misi komunitas bank yang ditentukan secara lebih luas barangkali akan menawarkan jasa keuangan untuk setiap orang, tanpa menghiraukan lokasi. Masalah dengan pernyataan misi luas adalah tidak mengidentifikasi secara jelas aspek mana dari jasa keuangan bank yang ingin ditekankan, dan mungkin membingungkan karyawan dan pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar