Halaman

Manajemen Strategis Perusahaan

Manajemen strategis perusahaan adalah serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang. Semula manajemen strategis disebut kebijakan bisnis, namun karena pergeseran makna yang berubah seiring perkembangan zaman, akhirnya berubah nama menjadi manajemen strategis.

Manajemen strategis menekankan kepada pengamatan dan evaluasi peluang dan ancaman lingkungan dengan melihat kekuatan dan kelemahan perusahaan. Sementara pengertian kebijakan bisnis sebaliknya, berorientasi pada manajemen umum dan cenderung melihat ke dalam dan lebih menekankan pada integrasi yang sesuai bagi banyak aktivitas fungsional dalam perusahaan. Dengan kata lain, kebijakan bisnis lebih memfokuskan pada pemanfaatan aset perusahaan secara efisien. Manajemen strategis sebagai suatu bidang ilmu menggabungkan kebijakan bisnis dengan lingkungan dan tekanan strategis. Seorang manajer strategis harus dapat menjawab 3 pertanyaan kunci strategis dalam perusahaan yang dipimpinnya.

Manajemen strategis berusaha menjelaskan mengapa beberapa perusahaan berkembang pesat dengan cepat sedangkan perusahaan lain malah mengalami kemunduran atau bahkan menjadi bangkrut.

Tidak seperti keputusan-keputusan yang lain, keputusan strategis berhubungan dengan masa yang akan datang dalam jangka panjang untuk organisasi secara keseluruhan dan mempunyai Karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan keputusan yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar