Halaman

Ciri-ciri Perekonomian Uang

Suatu perekonomian yang menggunakan uang sebagai perantara dalam kegiatan tukar-menukar (perdagangan) dikenal sebagai perekonomian uang. Boleh dikatakan seluruh masyarakat yang terdapat di dunia ini perekonomiannya mempunyai sifat-sifat yang dapat digolongkan sebagai perekonomian uang.
Namun demikian sampai dimana pentingnya uang dalam tiap-tiap masyarakat tersebut adalah berbeda dari satu masyarakat ke masyarakat lainnya. Dalam perekonomian subsisten uang tidaklah terlalu penting peranannya karena kegiatan perdagangan masih sangat terbatas. Sedangkan di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Jepang, uang sangatlah penting sekali peranannya. Secara umum dapat dikatakan bahwa kemajuan perekonomian akan menyebabkan peranan uang menjadi semakin penting dalam perekonomian.
Mengapakah uang menjadi bertambah penting peranannya apabila perekonomian menjadi bertambah maju ? Alasannya adalah karena makin maju suatu perekonomian maka makin penting peranan kegiatan perdagangan dalam perekonomian tersebut. Dalam perekonomian susbsisten perdagangan adalah terbatas, karena produksi yang dihasilkan adalah terutama untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Dengan demikian hanya sebagian kecil saja dari hasil produksi akan diperjualbelikan di pasar. Dalam perekonomian yang lebih maju, corak kegiatan ekonomi tidak seperti itu lagi. Penggunaan uang telah memungkinkan mereka melakukan spesialisasi, yaitu setiap orang tidak lagi menghasilkan semua barang dan jasa yang diperlukannya tetapi mengkhususkan kepada menghasilkan barang atau jasa yang dapat disediakannya dengan lebih efisien. Seorang petani tidak perlu lagi membuat alat-alat pertanian dan alat-alat rumah tangga sendiri dan sebaliknya seorang tukang tidak perlu menghasilkan bahan-bahan makanan yang diperlukannya. Kedua belah pihak akan memperoleh manfaat jika petani menumpukan kegiatannya kepada menghasilkan bahan makanan dan seorang tukang menghasilkan alat-alat pertanian dan peralatan (perabot) rumah tangga dan kemudian kedua pihak saling bertukar-tukar barang-barang tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar