Halaman

Profil Pengguna Facebook yang Sudah Meninggal


Dengan jumlah member aktif sebanyak 300 juta dari seluruh dunia, maka Facebok kini mencoba solusi baru untuk member yang telah meninggal. Jubir Facebook, Max Kelly, menjelaskan, pihaknya ingin memodelkan hubungan di Facebook, bagaimana berinteraksi dengan seseorang yang sudah tidak bisa log in, dan hanya meninggalkan memory di jejaring social tersebut. Untuk merealisasikan hal tersebut, Facebook membuat profile 'memorialized' sebagai tempat dimana orang dapat menyimpan dan share memory bagi mereka yang sudah meninggal.
Untuk mengenang sebuah profil, member akan menggunakan form feedback dengan beberapa pertanyaan sebagai bukti untuk menunjukkan hubungan ke orang yang ada di pertanyaan, baik pengetahuan soal tanggal lahir, alamat email, dan sebagainya. Ketika sebuah profil telah menjadi memorial, maka informasi rahasia, seperti nomor telepon, telah dihapus, dan profil 'dikunci' untuk siapa saja yang tidak tergabung menjadi temannya, dan jika bukan teman orang yang bersangkutan, maka tidak bisa pula mencari di query pencarian profil.
Namun, untuk mereka yang menjadi teman bagi orang yang diketahui sudah meninggal, maka mereka dapat melanjutkan meninggalkan 'wall post' untuk mengenang kematiannya. Profil memorial tersebut juga di-lock untuk akses log in guna mencegah hacking.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar